7 Faktor Penghambat Belajar Bahasa Inggris

7 Faktor Penghambat Belajar Bahasa Inggris:

1. Malas belajar
Tidak bisa berbahasa inggris, lantaran memang tidak belajar bahasa asing itu sudah wajar. Sudah berbanding lurus. Tidak belajar = Tidak Bisa. Bila anda ingin bisa berbahasa inggris, Anda harus menghantam rasa malas belajar. Anda mulai menyisihkan waktu untuk belajar bahasa inggris. Misalnya 15 menit per hari untuk sekedar membaca buku bahasa inggris.

2. Tidak punya komitmen
Salah satu motivator kondang mendefinisikan komitmen adalah susah senang harus mau melakukannya. Tidak ada komitmen dalam belajar  bahasa inggris, membuat anda tidak bersemangat dalam mempraktekkan, belajar atau membaca buku-buku bahasa inggris.
Faktor penghambat yang ada pada diri anda haruslah Anda perangi. Jangan jadikan faktor-faktor diatas sebagai penghalang bagi anda untuk menuju Gerbang Kesuksesan. Bayangkanlah bila suatu saat anda bisa membaca teks bahasa inggris, bisa berkeliling dunia dan bisa berbicara bahasa inggris dengan orang bule. Feel So Good, right…?

3. Malu
Malu bertanya sesat dijalan. Inilah slogan yang sering didengar sejak kecil. Namun, pada kenyataannya rasa malu menjadi penghambat untuk praktek praktek dan praktek bahasa inggris. Saya yakin perbendaharaan anda sudah lumayan banyak. Namun, pertanyaannya adalah….apakah Anda sudah mempraktekkannya? Apakah anda masih merasa malu untuk berbicara dengan orang asing? Bila jawabannya “Ya”. Silahkan anda kikis jauh-jauh rasa malu itu, demi kesuksesan anda untuk bisa berbahasa inggris.

4. Lingkungan
Lingkungan memang sangat mempengaruhi skill berbahasa inggris. Anak-anak yang terlahir di Inggris sudah tentu lambat laun akan bisa berbahasa inggris. Berbeda dengan orang-orang di luar Inggris. Bagi anda yang ingin bisa berbahasa inggris dengan baik, maka Anda harus membuat lingkungan Anda mendukung untuk belajar bahasa inggris. Pastikan kalimat, kutipan, musik, berita, dan film yang anda dengar itu berbahasa inggris.

5. Tidak fokus
Banyaknya materi yang harus dipelajari dalam bahasa inggris sedikit banyak menjadi faktor penghambat dalam belajar bahasa inggris. Tak sedikit pemula yang tidak fokus untuk belajar bahasa inggris. Saat ini belajar listening, 1 bulan kemudian sudah beralih belajar grammar, bulan berikutnya belajar pronunciation, dan lain-lain. Sangat sulit rasanya bila belajar bahasa inggris namun tidak fokus. So, anda harus fokus di satu bidang terlebih dahulu, kemudian belajar tahap berikutnya bila materi sebelumnya sudah Anda kuasai dengan baik.

6. Minim Vocabulary
Sedikitnya perbendaharaan kosakata memang mempengaruhi anda untuk bisa berbahasa inggris dengan baik. Untuk itu anda harus memperbanyak  kosakata (vocabulary) setiap hari. Mungkin diawal-awal bisa dengan menghafal 3-5 kosakata per hari.

7. Takut Grammar
Tak kalah penting dari faktor lingkungan, tata bahasa/grammar pun sering kali menjadi kendala tersendiri bagi pemula yang ingin belajar bahasa inggris. Sebenarnya diawal-awal Anda tidak perlu terlalu pusing dengan masalah tata bahasa.  Mungkin Anda sudah ada yang mengetahui bahwa penjual manik-manik di bali pun tidak jago-jago amat dalam hal grammar. Tapi mereka bisa bercakap-cakap dengan orang bule…